Selamat Datang di Layanan Online PPID - PPNP
Website layanan Online PPID ini hadir merupakan salah satu wujud pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Lingkungan Politeknik Pertanian Negeri Payakumubuh (PPNP) dan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat mengenai keterbukaan informasi publik maka Pemerintah mengeluarkan UU No. 14 Tahun 2008. Dalam UU ini dinyatakan bahwa hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.Keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik. Pengelolaan informasi publik merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan masyarakat informasi. Oleh karena itu, PPNP telah menunjuk PPID (Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi) yang akan memberikan informasi mengenai Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Semoga keberadaan website PPID ini dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak.

POLITANI Payakumbuh Raih Peringkat 5 Dari 10 Perguruan Tinggi Vokasi Terbaik Indonesia Tahun 2019

Tanjung Pati (17/8/2019/ — Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia kembali mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2019 pada Jumat (16/8) Gedung D Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta. Kali ini POLITANI Payakumbuh berhasil menempati peringkat 5 dari 10 terbaik perguruan tinggi vokasi Indonesia tahun 2019. Dikutip dari lamannya www.ristekdikti.go.id klasterisasi ini dilakukan untuk memetakan perguruan tinggi Indonesia yang berada di bawah naungan Kemenristekdikti guna meningkatkan kualitas perguruan tinggi sekaligus menjadi dasar bagi Kemenristekdikti untuk memberikan kebijakan sesuai kapasitas setiap klaster perguruan tinggi tersebut.

“Tujuan kami ingin mendorong perguruan tinggi Indonesia semakin maju dan masuk ke kelas dunia. Dorongan ini menjadi sangat penting. Kalau kita sudah sampaikan ini, kita bisa lakukan pemetaan. Tujuannya pemetaan perguruan tinggi Kemenristekdikti bagaimana membuat kebijakan masing-masing yang ada di perguruan tinggi nanti, supaya nanti ke depan kita bisa mewujudkan perguruan tinggi berkualitas,” ungkap Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir yang mengumumkan Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia 2019 sekaligus meluncurkan Buku Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) pada Jumat (16/8).

Pada tahun 2019, Kemenristekdikti mengeluarkan hasil klasterisasi perguruan tinggi dalam dua (2) kategori yaitu kategori Perguruan Tinggi Non-Vokasi (pendidikan akademik), yang terdiri dari Universitas, Institut, dan Sekolah Tinggi, dan kategori Perguruan Tinggi Vokasi, yang terdiri dari Politeknik dan Akademi.

Perguruan Tinggi Non-Vokasi dengan jumlah sebanyak 2.141 perguruan tinggi dibawah Kemenristekdikti diperoleh 5 (lima) klaster perguruan tinggi Indonesia dengan komposisi Klaster 1 berjumlah 13 perguruan tinggi; Klaster 2 berjumlah 70 perguruan tinggi; Klaster 3 berjumlah 338 perguruan tinggi, Klaster 4 berjumlah 955 perguruan tinggi, dan Klaster 5 berjumlah 765 perguruan tinggi.

Sedangkan untuk kategori perguruan tinggi vokasi, urutan klaster dimulai pada klaster 2. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan capaian/skor tertinggi yang diperoleh oleh perguruan tinggi vokasi. Sehingga untuk kategori perguruan tinggi vokasi dengan jumlah 1.128 perguruan tinggi diperoleh 4 (empat) klaster perguruan tinggi Indonesia dengan komposisi: Klaster 2 berjumlah 5 perguruan tinggi; Klaster 3 berjumlah 62 perguruan tinggi, Klaster 4 berjumlah 545 perguruan tinggi, dan Klaster 5 berjumlah 516 perguruan tinggi.
Sementara itu penerima Kuasa Direktur POLITANI Payakumbuh yaitu Wakil Direktur I Ir. Harmailis, M.Si yang menghadiri serta penerima sertifikat penghargaan dari Menteri Ristek Dikti, dalam akun media sosialnya menyampaikan “Alhamdulillah, hari ini merupakan hari bersejarah bagi kampus kami Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. PPNP menempati rangking 5 dari peringkat 10 Terbaik Perguruan Tinggi Vokasi Indonesia tahun 2019 dalam Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia 2019, dan berada pada Cluster ke 2 bersama 4 Politeknik lainnya, dan mendapat apresiasi dari Menteri Ristek Dikti pada acara yang dilaksanakan di Auditorium Gedung D, Kemenristek Dikti, Jumat, 16-8-2019. Atas prestasi ini, mewakili Pimpinan kami menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga, kepada seluruh komponen yang terlibat dalam pengelolaan lembaga ini, para ASN (Dosen, PLP dan Karyawan), Mahasiswa, dan komponen lainnya, tenaga outshorsing, Satpam, Tenaga Kebersihan dan tenaga harian lepas. Klasterisasi ini didasarkan pada penilaian kinerja perguruan tinggi yang meliputi konponen Input, Proses. Output dan Outcome. Semoga dengan pencapaian prestasi ini, kedepan PPNP bisa lebih baik lagi.” …..(mrd)

Updated: 17/08/2019 — 15:18
Website Resmi PPID - PPNP © 2020 PPID.PPNP.AC.ID